Selamat Datang Di Dunia Pustaka Lama

Di situs ini anda bisa menikmati Wisdjadoel Keren, Wisata Djaman Doeloe yang keren,....
Bisa kita sebut wisdjadoel ini termasuk wisata baca. Dengan menikmati sajian menu pustaka jadul disini anda akan serasa memasuki kembali dunia masa lampau anda, masa kecil, masa nostalgia. Hingga tak terasa anda akan terhanyut dalam alam memori anda yang paling manis, dan mungkin paling berharga . Ini memang tujuan situs ini dalam membangkitkan kenangan kita.
Anda pun bisa memiliki koleksi yang disajikan disini jika memang berhasrat. Barter koleksi juga bisa . Jika memang menginginkannya, maka hubungi saja Sastrogambar, boleh sms, tilpon atau japri mail ke alamat di atas.
Terima kasih atas kunjungannya, selamat menikmati dan meyelam ke masa lampau,...

Rabu, 29 Januari 2020

Album Sentilan Bung KaR



Album Komik Strip Indonesia

ALBUM SENTILAN
Bung KaR

Karya : M. Wakhid

Penerbit : Harian Kedaulatan Rakyat - Yogyakarta, Cetakan I - th. 1986

Album komik strip yang selalu muncul setiap hari di harian Kedaulatan Rakyat - Jogjakarta, pada edisi tahun antara 1983 - 1985.
Bung KaR ini sangatlah melekat di hati bagi para mantan mahasiswa yang kuliah di Yogyakarta, Provinsi DIY dan sekitarnya, seperti Magelang, Purworejo dan Klaten, dulu di era 80-an hingga 90an, mungkin sampai era 2000an atau milenial. Komik strip berupa humor sentilan-sentilan politik dan sosial yang ditampilkan setiap hari di Koran KR, sebutan surat kabar : Kedaulatan Rakyat bagi kami dulu para mahasiswa Jogja.
Hanya saja karena Bung KaR ini hidup dijaman ORBA memang tidak mungkin bisa terlalu tajam dalam mengkritik pemerintah , tahu sendirilah jaman orde itu omong atau :"ngrasani" pemerintah dikit tendensius aja bisa ilang besok nyawa atau minimal pekerjaan kita, di sektor apapaun entah itu swasta atau apalagi jika dari lingkungan PNS, termasuk mahasiswa.
Maka yang muncul di cerita di Bung KaR ini kebanyakan adalah kritik sosial justru ke masyarakat, namun menurut saya cukup membantu pendidikan dan mencerahkan masyarakat bawah yang tidak mengenyam pendidikan formal sampai ke tingkat lanjutan menengah. Dan khasnya adalah humor-humor yang ditampilkan cukup lucu dan menghibur bagi rasa kegetiran mahasiswa di jaman itu.

Buku album komik strip Bung KaR, kertas HVS tebal 328 halaman.
Kondisi eks koleksi, ada sedikit robek di cover belakang di ujung kiri atas. namun halaman masih utuh lengkap dan masih  cukup mulus

Harga : Rp 50.000,-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar