Selamat Datang Di Dunia Pustaka Lama

Di situs ini anda bisa menikmati Wisdjadoel Keren, Wisata Djaman Doeloe yang keren,....
Bisa kita sebut wisdjadoel ini termasuk wisata baca. Dengan menikmati sajian menu pustaka jadul disini anda akan serasa memasuki kembali dunia masa lampau anda, masa kecil, masa nostalgia. Hingga tak terasa anda akan terhanyut dalam alam memori anda yang paling manis, dan mungkin paling berharga . Ini memang tujuan situs ini dalam membangkitkan kenangan kita.
Anda pun bisa memiliki koleksi yang disajikan disini jika memang berhasrat. Barter koleksi juga bisa . Jika memang menginginkannya, maka hubungi saja Sastrogambar, boleh sms, tilpon atau japri mail ke alamat di atas.
Terima kasih atas kunjungannya, selamat menikmati dan meyelam ke masa lampau,...

Sabtu, 22 November 2014

RA. Kosasih - Prabu Udrayana


Komik Indonesia - Wayang Madya


PRABU UDRAYANA
Lanjutan Parikesit
 
Karya : RA Kosasih
Cover (C) : San Wilantara

Jilid : Hanya  B & C  tamat tidak lengkap (kurang bundel A)
Th Penerbitan : Kharya Bhakti - th 1986

Komik wayang Indonesia format lebar hitam putih, kertas buram, tebal total 220 halaman.
Komik dengan judul Prabu Udrayana ini sudah tergolong masuk dalam Wayang jaman Madya, bukan Wayang Purwa lagi, karena sudah lewat masa Pandawa- Kurawa. Cerita dalam jaman Wayang Madaya berkisar tentang kisah keturunan para Pandawa hingga sampai akhir jaman wayang atau pada jaman Kediri masa Prabu Jayabaya.
Pada wayang Jawa Prabu Udrayana tidak dikenal, karena di wayang Jawa putera Prabu Parikesit atau cucu-cucu Pandawa dikenal dengan nama : Prabu Yudhayana, Gendrayana dan Sudarsana. Dan alur ceritanya berbeda jauh. Hal ini dimaklumi karena masing-masing pencipta cerita wayang sudah tidak menggunakan sumber cerita seperti halnya pada cerita Mahbharata yang dari India aslinya. Jadi para Pujangga  pencipta cerita Wayang di jaman ini baik Jawa maupun Sunda adalah asli Pujangga Indonesia, yang kebanyakan mengikuti babon cerita para Pujangga di jaman Kerajaan Kediri. Sehingga boleh dibilang Cerita jaman Wayang Madya merupakan cerita Wayang asli Indonesia. Dan pada masa kerajaan Kediri sampai Majapahit itu belum ada  sebutan Carangan atau Cerita Karangan. Namun dengan berjalannya waktu Carangan pada jaman dahulu menjadi Cerita Pakem pada  jaman sekarang ini.
Kondisi komik Lepasan , kertas buram, eks koleksi pribadi, belum disisir, masih asli , bagus dan mulus banget, cover gambar berbeda antara B dan C


Harga : Rp 100.000,-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar