Selamat Datang Di Dunia Pustaka Lama

Di situs ini anda bisa menikmati Wisdjadoel Keren, Wisata Djaman Doeloe yang keren,....
Bisa kita sebut wisdjadoel ini termasuk wisata baca. Dengan menikmati sajian menu pustaka jadul disini anda akan serasa memasuki kembali dunia masa lampau anda, masa kecil, masa nostalgia. Hingga tak terasa anda akan terhanyut dalam alam memori anda yang paling manis, dan mungkin paling berharga . Ini memang tujuan situs ini dalam membangkitkan kenangan kita.
Anda pun bisa memiliki koleksi yang disajikan disini jika memang berhasrat. Barter koleksi juga bisa . Jika memang menginginkannya, maka hubungi saja Sastrogambar, boleh sms, tilpon atau japri mail ke alamat di atas.
Terima kasih atas kunjungannya, selamat menikmati dan meyelam ke masa lampau,...

Senin, 24 Februari 2020

S. Ardisoma - Wayang Purwa

Gambar Cover Depan - Jilid Ganjil






 


 Gambar Cover Belakang - Jilid Genap










Komik Wayang Indonesia Jadul Antik

WAJANG PURWA

Karya : S. Ardisoma
Jilid : bundel   3 - 22 tamat (kurang jildi 1 -2/ bundel 1)
Penerbit : PT Melodi - Bandung,  Cetakan ke 3, th1966

Komik Wayang Indonesia, jadul antik, berisi kisah wayang pada jaman leluhur tokoh-tokoh pewayangan, atau jaman sebelum Ramajana, meski  sebagian sudah masuk jaman Ramajana. 
Setelah kisah cerita di buku ini nanti berlanjut pada kisah panjang cerita Ramajana. 
Tentu saja kisah wayang ini versi Indonesia atau sedikit terperngaruh cerita wayang Sunda. namun pada dasaranya pada jaman (dalam buku)  ini antara wayang Indonesia dengan  cerita induk wayang India tidak banyak perbedaan. Hanya nama-nama tokoh mungkin sedikit mengalami penyesuiaian untuk / jadi nama wayang Indonesia. 
Nama Judul Wayang Purwa sendiri disini saya yakin karena mengacu  kisah / lakon Wayang sunda, karena pada wayang jawa baik versi Surakarta maupun Jogja, tidak dikenal lakon dengan judul Wayang Purwa. Sebutan Wayang Purwa (baca: Purwo) di Jawa berarti 2 hal, pertama istilah Wayang Purwo dalam wayang Jawa berarti Jenis pertunjukan Wayang Kulit, kedua untuk menyebutkan kisah wayang dari jaman Ramajana (Romoyono) sampai dengan jaman Mahabharata (Mohobharoto) pada periode Raja Parikesit. Setelah Parikesit  di Hastinapura atau selesainya perang Bharatayuda (Bahrotoyudo), maka wayang Jawa masuk pada jamanWayang Madya (baca : Madyo). 
Sekali lagi bila versi wayang jawa, kisah cerita dalam komik  ini sudah masuk atau tergolong dalam cerita Ramajana 

Komik Wayang Indonesia jadul ini berformat lebar (lihat ukuran penggaris di gambar atas) dengan tinggi bukju 27 cm . Kertas buram tebal 84 halaman tiap buku. Setiap buku berisi 2 jilid, maka pada cover depan bergambar jilid ganjil / awal dan cover belakang bergambar jilid genap atau setelahnya. hanya saja komik ini kurang Buku 1 atau jilid 1-2. 

Kondisi eks taman baca, masih ukuran asli, terawat cukup rapi untuk ukuran komik tua. halaman dalam semua jilid lengkap dan utuh....penasaran dengan kisah-kisah leluhur wayang yang sangat indah dan tinggi fikosofinya ini,....??  baca dan miliki komik ini.

Harga : Rp 1.800.000 ,- (10 buku - 20 jilid)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar