Selamat Datang Di Dunia Pustaka Lama

Di situs ini anda bisa menikmati Wisdjadoel Keren, Wisata Djaman Doeloe yang keren,....
Bisa kita sebut wisdjadoel ini termasuk wisata baca. Dengan menikmati sajian menu pustaka jadul disini anda akan serasa memasuki kembali dunia masa lampau anda, masa kecil, masa nostalgia. Hingga tak terasa anda akan terhanyut dalam alam memori anda yang paling manis, dan mungkin paling berharga . Ini memang tujuan situs ini dalam membangkitkan kenangan kita.
Anda pun bisa memiliki koleksi yang disajikan disini jika memang berhasrat. Barter koleksi juga bisa . Jika memang menginginkannya, maka hubungi saja Sastrogambar, boleh sms, tilpon atau japri mail ke alamat di atas.
Terima kasih atas kunjungannya, selamat menikmati dan meyelam ke masa lampau,...

Minggu, 15 Desember 2013

Dino AS. - Roro Mendut




Komik Indonesia - Legenda Rakyat

RORO MENDUT

Karya : Dino AS
Jilid : 1 - 12 tamat dalam 3 buku komik
Penerbit :  ? - th 1983

Komik Indonesia dibuat  berdasarkan cerita rakyat  Jawa pada jaman pemerintahan Sultan Agung di kerajaan besar, Mataram Islam. Format lebar folio, hitam putih, kertas buram,  total 228 halaman. Komik digambar dengan apik oleh komikus senior Dino AS, spesial pembuat komik Indonesia cerita-cerita legenda nusantara.
Komik dengan cerita  Roro Mendut ini sebenarnya juga pernah dibuat oleh sang komikus  sendiri di era tahun 70-an, dan sangat sukses  di pasaran. Waktu itu saya masih kecil, namun masih ingat di kampung saya, betapa hebohnya komik ini, hingga banyak anak remaja, dewasa atau orang tua memburu komik ini untuk membacanya.Namun komik ini juga menjadi salah satu penyebab kenapa orang tua di jaman dahulu melarang anak-anaknya untuk membaca komik. Selain komik dinilai seolah-olah bisa menyihir anak sehinga mengalahkan waktu belajar, juga biasanya dalam komik terdapat gambar adegan agak "syuur". Seperti halnya komik Roro Mendut ini dalam versi aslinya  yang terdahulu ada adegan yang sedikit vulgar atau tabu digambarkan dalam komik itu, ... memang jika sebagai komik legenda rakyat atau sasarannya anak-anak seharusnya Dino A.S. tidak menggambarkannya demikian. Jadi komik ini merupakan gambar ulang oleh Dino AS dari komik yang terdahulu, atau kira-kira 15 tahun sebelumnya.
Sebuah komik yang menggambarkan kisah cinta kasih 2 remaja di jaman kerajaan Mataram Islam di Jawa dahulu, yang menerjang "wewaler"atau "angger-angger " atau pranatan adat istiadat Jawa yang sudah dianggap sebagai hukum yang dilarang keras untuk dilanggar. Begitu indah cerita ini, sebagian sumber mengatakan bahwa ini merupakan karya seorang pujangga besar kraton Jawa,  namun sebagian besar masyarakat Jawa meyakini ini sebagai sebuah kisah nyata . Sebuah kisah cinta sejati nan panjang antara Rara Mendut  (baca : Roro Mendut) dan Raden Pranacitra (baca /Jawa :  Pronocitro) yang berakhir tragis....
Saking bagusnya cerita ini hingga pernah difilmkan layar lebar biskop dengan bintang utama : Mathias Muchus sebagai Prana Citra dan Maryam Bellina sebagai Rara Mendut, Dian Nitami sebagai adik Rara Mendut, dan WD Mochtar sebgai Tumenggung Prawira Guna (Prawiro Guno)
Kondisi eks koleksi, masih asli ukurannya, cukup terawat dan bagus.

Harga : Rp 150.000,-
SOLD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar