Selamat Datang Di Dunia Pustaka Lama

Di situs ini anda bisa menikmati Wisdjadoel Keren, Wisata Djaman Doeloe yang keren,....
Bisa kita sebut wisdjadoel ini termasuk wisata baca. Dengan menikmati sajian menu pustaka jadul disini anda akan serasa memasuki kembali dunia masa lampau anda, masa kecil, masa nostalgia. Hingga tak terasa anda akan terhanyut dalam alam memori anda yang paling manis, dan mungkin paling berharga . Ini memang tujuan situs ini dalam membangkitkan kenangan kita.
Anda pun bisa memiliki koleksi yang disajikan disini jika memang berhasrat. Barter koleksi juga bisa . Jika memang menginginkannya, maka hubungi saja Sastrogambar, boleh sms, tilpon atau japri mail ke alamat di atas.
Terima kasih atas kunjungannya, selamat menikmati dan meyelam ke masa lampau,...

Minggu, 21 Juli 2013

RA. Kosasih - Bhisma Dewabrata

komik Wayang Indonesia jadul
Seri Bharatayuda, No. 28

BISMA DEWABRATA

Karya : RA. Kosasih
Penerbit : Melodie Bandung, Cetakan pertama

Komik wayang Indonesia  jadul, format klasik kertas buram hitam putih, 42 halaman.
Komik ini merupakan cetakan pertama sepertinya, karena serial Bharatyuda dan Mahabharata terbitan Melodi awalnya terdiri dari banyak sekali jilidnya.
Menurut saya cerita dalam komik ini agak janggal,aneh atau tidak pas dengan folosofi atau ajaran hidup yang pas dan indah dalam cerita pewayangan Indonesia. Dalam buku ini diceriterakan Para ksatria Pandwa sudah putus asa dan kebingungan menghadapi kesaktian Bhisma yang seolah tak tertandingi. Hingga akhirnya mereka menghadap Resi Bhisma di kawasan tenda kurawa, hanya untuk meminta supaya resi Bhisma membuka rahasia kelemahannya.... aneh dan  tidik masuk akal bukan... dan maaf mungkin tidak etislah.. istilah sekarang. .. saya ga tahu kenapa jalan ceritanya begitu, mungkin karena mengikuti banget alur cerita wayang India.... yang tentu saja belum tentu semuanya cocok dengan falsafah hidup kita disini...Sedangkan di Wayang Jawa yang biasanya kita kenal tidak pernah diceriterakan begitu.... Kalau ceritanya begitu tentu amatlah buruk citra ksatria Pandawa dan sangat melemahkan peran prabu Kresna sebagai penasehat Pandawa... Di wayang Jawa Kresna sudah tahu riwayat Bhisma di masa muda, yang penuh keagunagn namun juga kegetiran... dan ada kelemahan pada sepenggal hidupnya ketika seorang puteri raja bernama Dewi Amba jatuh cinta dengen Bhisma muda atau Raden Dewabrata. Di sisi cerita inilah yang kemudian menjadikan jalan bagi wafatnya Sang Resi Bhisma oleh Wara Srikandi istri Arjuna sesuai janji Dewi Amba pada masa lalu...
Tapi sekali lagi inilah ragam seni budaya kita di nusantara.... banyak alur dan banyak persepsi... 
Biar ga penasaran sepeti apa cerita Bhisma di episode ini... nikamati dan beli saja buku ini...
Kondisi eks skoleksi, masih asli d, cukup rapi dan baik

Harga : Rp 50.000,-
SOLD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar