Selamat Datang Di Dunia Pustaka Lama

Di situs ini anda bisa menikmati Wisdjadoel Keren, Wisata Djaman Doeloe yang keren,....
Bisa kita sebut wisdjadoel ini termasuk wisata baca. Dengan menikmati sajian menu pustaka jadul disini anda akan serasa memasuki kembali dunia masa lampau anda, masa kecil, masa nostalgia. Hingga tak terasa anda akan terhanyut dalam alam memori anda yang paling manis, dan mungkin paling berharga . Ini memang tujuan situs ini dalam membangkitkan kenangan kita.
Anda pun bisa memiliki koleksi yang disajikan disini jika memang berhasrat. Barter koleksi juga bisa . Jika memang menginginkannya, maka hubungi saja Sastrogambar, boleh sms, tilpon atau japri mail ke alamat di atas.
Terima kasih atas kunjungannya, selamat menikmati dan meyelam ke masa lampau,...

Sabtu, 25 Mei 2013

RA. Kosasih - Panji Semirang


Komik Legenda  Rakyat Nusantara

PANJI SEMIRANG

Ilustrator : RA. Kosasih
Bundel : A - B - D (jilid 1,2,3,4 - 7-8) tamat kurang jilid 5-6
Penerbit : Erlina - cetak ulang Karya Bhakti - Bandung, copy right  tahun  1966 dan 1978

Komik Legenda Rakyat Jawa, format buku tulis, hitam putih, kertas buram halus, 180 halamn per bundelnya, total 690 halaman, tapi jilid  5  dan 6 atau Bundel C tidak ada.
Cerita dalam Komik judul Panji Semirang ini sebenarnya sudah bukan jenis cerita Wayang, atau lebih tepatnya Jenis cerita Legenda Rakyat, yang bersumber kitab sastra yang ditulis seorang pujangga (kalau tidak salah Empu Dharmaja) di jaman Kerajaan Jenggala, Kahuripan dan Daha hingga ke Kerajaan Kediri. Karena cerita ini merupakan penggalan kisah panjang petualangan Raden Panji Asmarabangun (R. Inu Kertapati) dengan Dewi Galuh Candra Kirana atau Dewi Sekartaji. Namun dalam kisah ini atau dalam pentas -pentas panggung Kethorak -Jawa, sering pula dimunculkan para Dewa, terutama Bethara Narada. Hingga sering dianggap ini merupakan kisah transisi dari Cerita Wayang ke Cerita Kethoprak. Atau lebih tepat jika masih dalam jaman wayang, masuk dalam akhir Jaman Wayang Madya. Jaman yang jauh sekali setelah Prabu Parikesit wafat, dan jauh pula setelah  Kerajaan Yawastina (Astina Baru) musnah.
Namun RA Kosasih sang komikus menggambarkan dalam komik ini, kostum para tokohnya disini masih tak ubahnya seperti tokoh-tokoh dalam  (jaman) Wayang Purwa. Kemungkinan di dalam cerita kesenian Sunda cerita ini masih digolongkan dalam Cerita wayang. Jika dalam pentas kesenian Tari atau Wayang Jawa , maka kostumnya sudah sangatlah berbeda dengan kostum Wayang Orang pada umumnya. Pada jenis wayang kulitpun sudah beda bentuk nya  dengan jenis wayang Kulit Purwa. Dalam Wayang Jawa  cerita Panji ini masuk dalam Jenis Wayang Gedhog, dan masuk dalam akhir Jaman Wayang Madya

Kondisi buku eks koleksi pribadi, masih originil, rapi dan mulus seperti baru.

Harga : Rp 100.000,-
SOLD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar